IDE HEBAT : DY-KONGKON SERVICE

Posted on Updated on

IDE HEBAT : DY-KONGKON SERVICE

 

LATAR BELAKANG

Wanita dan belanja adalah dua hal yang tak terpisahkan. Hal ini karena wanita identik dengan berbelanja. Meskipun tidak hanya wanita yang berbelanja, namun sebagian besar kegiatan berbelanja didominasi oleh kaum wanita. Dan kaum wanitalah yang kebanyakan mengalami gila belanja atau shopaholic. Shopaholic sendiri berasal dari dua kata yakni shop yang berarti belanja dan aholic yang berarti ketergantungan terhadap suatu hal yang dilakukan secara sadar atau tidak. Jadi shopaholic merupakan suatu suatu keadaan dimana seseorang mengalami ketergantungan atau addicted untuk berbelanja (compulsive buying disorder), yang dilakukan secara sadar atau tidak1.

Akan tetapi wanita juga berbelanja bukan atas dasar nafsu keinginan semata. Contohnya, Ibu Rumah Tangga yang pergi ke pasar untuk membeli sayur, seorang Ibu hamil pergi supermarket untuk membeli kebutuhan pasca dan pra ke toko, atau pergi ke took kelontong unutk membeli keperluan untuk bulan depan.

Bagi para wanita, belanja merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan hingga rela menghabiskan waktu berjam-jam di mal. Tapi semua keasyikan itu tidak berlaku pada para pria yang notabene enggan berbelanja seperti para wanita.Meski tak suka belanja, bukan berarti para pria tak pernah menyambangi tempat-tempat belajan. Bedanya, para pria berbelanja hanya untuk membeli barang-barang yang diperlukannya saja2.

Itulah salah satu perbedaan wanita dan pria. Tetapi ada suatu kegiatan yang menjembati persamaan keduanya, yaitu ‘jajan’. Jajan yang dimaksud disini adalah yang berkaitan dengan makanan.

Jajan adalah gaya hidup. Jajan, sejak zaman dahulu telah akrab dengan kehidupan manusia dan terus berkembang seumur dengan umur dunia yang semakin tua tetapi modern dan berteknologi tinggi. Jajan adalah perilaku masyarakat yang tak pernah mati dan tak pernah berhenti. Keadaan zaman menuntut pasar untuk semakin canggih dan high-end. Hal ini secara tidak langsung membuat perilaku jajan manusia semakin berkembang pula, diantaranya mencari jajanan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa mengesampingkan naluri dan kata hati. Jajanan adalah komoditas yang tidak pernah mati, dan akan selalu dicari3.

Jajan dan belanja terhalangi oleh 3 sebab, yaitu malas, banjir, sibuk kerja, sedang hamil tua, kemacetan, dan takut kepanasan. Oleh karena itu penulis berusah menghadirkan ide bisnis yang bisa dijadikan peluang usaha sekaligus sarana untuk membantu sesama yaitu BISNIS DY-KONGKON SERVICE

 

APA ITU DY-KONGKON SERVICE

DY-KONGKON (baca : dikongkon) merupakan kata dalam bahasa Jawa Yogyakartayang  tidak baku/ Basa Ngoko (Bahasa yang digunakan antar sesama usia atau di bawah usia orang yang bicara). Dikongkon berarti disuruh.

oke dab

DY-KONGKON SERVICE adalah penyedia jasa pesan-antar barang panggilan yang bisa anda hubungi kapan saja, untuk datang langsung ke tempat anda. Secara umum memiliki kemiripan dengan delivery service, tetapi beda karena di sini hanya berupa jasa pesan-antar dan tidak memiliki barang yang diinginkan. Intinya yaitu jasa pesuruh membelikan barang. Dengan biaya yang murah dan terjangkau. Jasa ini membantu pelanggan yang tidak bisa keluar rumah untuk jajan atau membeli belanjaan karena berbagai faktor penghalang (banjir, macet, panas, hamil, sibuk kerja, ujian, dan sebagainya)

Untuk jasa ini panggilan, melayani panggilan ke rumah, kantor, dan sekolah anda yang berada di area/wilayah pemilik jasa.

Jasa yang ditawarkan meliputi :

  1. Jasa beli (pesuruh) keperluan rumah tangga di Mall, supermarket, took.
  2. Jasa beli (pesuruh) belanja di pasar
  3. Jasa beli semua barang (sesuai area jangkauan
  4. Jasa beli makanan bagi penghuni kos/asarma yang bosan dengan menu monoton.
  5. Dan jasa yang serupa

Konsep jasa ini cukup sederhana yaitu pelanggan telepon barang yang dipesan, Anda beli barang/Anda minta uang beli barang, kemudianbarang dibeli dan Anda antar. Sampai di rumah pelanggan Anda memberikan pesan dan minta ongkos/jasa beli.

ALUR JASA

Anda bisa memulai dengan menawarkan diri ke tetangga atau teman kantor.

 

MODAL DAN PEMASARAN

Modal untuk jasa ini antara lain :

  1. Kemampuan berinternet untuk memasarkan dan meluaskan jaringan
  2. Koneksi atau teman
  3. Memilik kendaraan (boleh pinjam)
  4. Handphone
  5. Kemauan, kerja keras, dan tak punya rasa malu
  6. Have a trust dan give a trust. Harus memiliki kepercayaan dan memberikan kepercayaan dengan mencantumkan alamat jelas, foto KTP (di sosial media), nomor rekening.

 

Pemasaran melalui : MLM (mulut lewat mulut/ gethok tular), media social, web, blog, arisan, kertas iklan selipan di koran harian

 

PELUANG

Jasa ini memilik peluang dengan beberapa pertimbangan :

  1. Belum atau sedikit yang berani memulai usaha ini
  2. Modal sedikit terutama kendaraan dan handphone
  3. Ada beberapa alasan orang tidak bisa jajan atau keluar rumah yaitu:
  • Malas

Barangkali kita pernah atau sering merasakan, suatu pagi ketika hendak bangun tidur, di satu sisi, seolah-olah ada suara mengatakan, “ Hei…bangun! Bangun…! Sudah siang, nanti terlambat ke kantor!”, sementara di sisi lain ada suara yang mengatakan, “Ah…masih ada waktu, kamu kan masih capek…Tidur 5 menit lagilah! Nggak apa-apa!” Pernah mengalami hal demikina,bukan? Nah, itu adalah suara hati kita yang saya sebut faktor internal4.

  • Macet

Jika Anda warga Kota Medan, pasti tidak asing lagi dengan pengalaman macet di jalanan. Padat nya arus kenderaan yang tumpah ruah di jam-jam sibuk menuntut kita harus sabar meniti ke tempat tujuan untuk melajukan kenderaan dengan kecepatan rata-rata tidak lebih dari 10 km/jam. Pedagang kaki lima, arogansi pengguna jalan, serta parkir kendaraan yang sembarangan di bahu jalan akan menggandakan kemacetan di Kota Medan. Polusi asap dan suara klakson kendaraan akan memicu tingginya tingkat stress di jalanan sehingga berpengaruh terhadap produktivitas kerja5.

  • Sibuk Kerja

Kehamilan merupakan momen penting yang sangat dinantikan oleh banyak orang apalagi mereka yang telah lama mengikat tali perkawinan namun belum dikaruniai anak. Pada saat itu seorang istri mengalami masa-masa yang membahagiakan karena hadirnya calon buah hati sudah nampak. Memang, seperti umumnya perempuan yang lagi hamil muda, fenomena ngidam menjadi hall yang tak bisa terelakkan. Maka di sini peran suami sangatlah penting dalam rangka mendampingi sang istri bila menginginkan sesuatu. Namun terkadang sesuatu yang diminta itu di luar kebiasaan. Belum waktunya musim duren, sang istri minta duren6.

Bagaimana Anda jika sedang sibuk kerja dan istri ngidam dan minta sesuatu? Jasa ini solusinya

  • Panas

Kenapa cewek-cewek Indonesia paling takut kena sinar matahari ? Kalau saya amati, rata-rata karena merasa takut kulitnya menjadi hitam. Padahal, para wanita di negara Barat malah mendambakan memiliki kulit cokelat seperti kita. Inilah alasan adanya jasa ini

  • Hamil

Hamil merupakan penghalang atau alasan seorang Ibu untuk tidak keluar rumah karean alasan kesehatan. Jasa ini membantu para Ibu hamil untuk memenuhi kebutuhannya (barang).

  • Hobi jajan

Makan di luar sangat menyenangkan; kita tidak perlu repot belanja, memasak dan membereskan dapur (walaupun mungkin ada yang membantu di rumah). Dibandingkan dengan apa yang terjadi dahulu, kini dengan meningkatnya daya beli dan menjamurnya restoran, semakin banyak orang yang makan di rumah. Bagi kebanyakan orang di perkotaan, mkan di luar merupakan hiburan, ajang bertemu dengan tema atau rekan kerja dana sekaligus waktu untuk berkumpul bersama keluarga terutama di akhir pekan. Makan di luar dan mencicipi makanan daerah atau Negara lain mempekaya kita dengan pengetahuan7. Tetapi karena ada mertua di rumah atau Pak Bos maka terpaksa hobi kita dilaksanakan di rumah. Jasa ini membantu Anda mengatasinya.

  1. Sifat dasar wanita

Berbelanja bagi wanita merupakan merupakan kegiatan yang paling digemari.Bahkan tak jarang para wanita sering tidak terkontrol dalam mengeluarkan uangpada saat sedang berbelanja. Adapun beberapa alasannya adalah :

  • Try a new things

Menurut sebagian wanita, ketika berbelanja mereka akan menemukan hal-hal yang baru. Animo berbelanja inilah yang selalumembara, sehingga kebanyakan wanita berusaha tetap update dan mengikuti perkembangan trend yang ada.

  • Pleasure

Ada istilah yang menyebutkan bahwa, “wanita akan pergi ke mall ketika ia memilikiuang dan waktu untuk membelanjakannya”. Hal ini diperkuat dengan beredarnyatulisan-tulisan ‘diskon’ di tempat-tempat perbelanjaan yang sedang dikunjungi. Wanita sangat menyukai belanja karena mereka menikmatinya. bahkan seolah-olah jatuh cintadengan kebiasaan belanja.

  • Obsession

Banyak pengalaman yang menceritakan bahwajika seorang wanita ‘gila belanja’ maka ia dengan rela dan tanpamemperhitungkan lagi, akan menghabiskan uang yang banyak. Tujuannya untukmemuaskan diri sendiri dengan barang-barang yang dibelinya, meksipun tidakdibutuhkan. Wah, ternyata rasa cinta pada diri sendiri memang menghasilkanobsesi pribadi, ya.

  • Recover the mood

Untuk alasan yang satu ini, mungkin banyakyang mengiyakan. Karena beberapa wanita ternyata berbelanja ketika merekasedang merasa sedih. Dengan kata lain, kegiatan belanja dianggap sebagai obat yangbisa membantu memperbaiki suasana hati yang buruk.

  • Show Off

Bagi sebagian wanita, belanja merupakan alasan yang tepat. Karena pasalnya, mereka ingin memamerkan barang-barang baru yang mereka miliki, dengan merk-merk terkenal, yang terkesan mewah. Itulahmengapa, beberapa wanita rela merogoh kocek yang besar untuk menunjukkan statusdan pekerjaannya yang sangat berkelas.

  • Interaction

Ketika seorang wanita berbelanja, mereka juga akan bertemu dengan banyak orang. Kesempatan ini merupakan waktu yang bagusuntuk berinteraksi dengan orang-orang baru. Bahkan katanya, alasan merekaberbelanja ialah supaya bisa mengobrol dan bergosip.

  • Royal

Alasan terakhir ini mungkin agak jarang ditemukan. Yakni wanita suka berbelanja, tapi tujuannya untuk membelikan barangbagi keluarga, pasangan, atau bahkan teman terdekatnya. Ini mereka lakukanuntuk membuat orang terdekatnya bahagia8.

 

 


 

Sumber Referensi

  1. http://www.binauralbeats.co.id/menghilangkan_kebiasaan_belanja_tidak_terkendali.htm
  2. http://bisnis.liputan6.com/read/2083331/8-alasan-kenapa-pria-tak-suka-belanja
  3. https://jajanankita.wordpress.com/mengapa-jajanan/
  4. Thomas Sugiarto.2008. Ypur Great Success Starts from Now. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.Inilah yang dinamakan malas. Malas membuat orang enggan keluar untuk membeli barang.
  5. http://hariansib.co/view/Medan-Kita/50914/Macet–Setiap-Pergi–Waktu-Produktif–Warga-Medan-Habis-do-Jalanan.html#.VT7z8fBUAZw
  6. http://langitan.net/?p=4185
  7. Esquire Gourmet. MRA Printed Media, Sep 12, 2014
  8. http://www.tabloidnova.com/Nova/Karier/Keuangan/Mengapa-Wanita-Gemar-Belanja/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s